oleh

The Mandalika yang Mendunia

Medialintasnusa.com, Nasional – Bermaksud menggeber popularitas dan branding Mandalika sebagai destinasi tingkat dunia, Indonesia mengajukan diri sebagai fasilitator event MotoGP di 2021.

Upaya mewujudkan langkah strategis itu digelar dengan menggandeng BUMN asal Prancis, Vinci Construction, yang menginvestasikan dana sebesar USD1 miliar atau sekitar Rp14 triliun.

Pada Oktober 2017, Presiden Joko Widodo mengunggah vlog mengenai keindahan Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

Presiden ditemani gubernur saat itu, Muhammad Zainul Majdi atau yang populer dipanggil Tuan Guru Bajang. Vlog itu sengaja dibuat bersamaan dengan momen pembukaan KEK Mandalika yang juga diresmikan oleh Presiden Ketujuh.

Vlog itu memamerkan keindahan panorama alam Mandalika. Pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo, Indonesia memiliki banyak keindahan alam yang belum diketahui secara luas oleh masyarakat internasional.

Indonesia tidak hanya memiliki Bali. Indonesia juga memiliki “Bali-Bali” lain. Salah satu “Bali Baru” itu ialah Mandalika.

Terletak di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Mandalika terletak kurang lebih 50 km dari Pusat Pemerintahan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Melalui perjalanan darat dibutuhkan sekitar satu jam dari Kota Mataram. Selain itu, lokasi Mandalika juga tidak terlalu jauh dari Bandara International Lombok. Dari bandara menuju kawasan ini dibutuhkan waktu 30-an menit.

Artinya, dengan adanya akses yang mudah dan fasilitas pendukung yang mumpuni, kawasan Mandalika jelas memiliki keunggulan sebagai kawasan tujuan wisata bagi para pencari keindahan yang alami.

Terlebih, secara geografis posisi Mandalika di Pulau Lombok itu dekat dengan Pulau Bali. Berada di sebelah timur episentrum pariwisata Indonesia.

Berpergian melalui jalan darat plus menyeberangi Selat Lombok, jarak antara Pulau Dewata ke Mandalika hanya terpaut 150-an km. Bagi para petualang backpacker, jarak itu tentu nisbi dekat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed