oleh

Dinas Kebudayaan Kab. Lingga, Gelar Sosialisasi Pelestarian Cagar Budaya

Lingga – medialintasnusa.com : Dinas Kebudayaan Kab. Lingga, bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Batu Sangkar. Menggelar sosialisasi pelestarian Cagar Budaya, bertempat di hotel Lingga Pesona Daik Lingga. Senin (2/7).

Pada acara sosialisasi tersebut, dijelaskan. Pentingnya melestarikan peninggalan sejarah masa lampau, mengingat. Masih banyaknya peninggalan-peninggalan masa lampau ada di Kabupaten Lingga.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kab.Lingga. Ir. H. Muhammad Ishak MM. Melalui kepala bidang sejarah Cagar budaya dan permuseuman, H. Nadar.

“Mengatakan, masih banyaknya peninggalan sejarah di Kabupaten Lingga ini. Untuk itu, benda-benda sejarah tersebut, perlu di jaga kelestariannya.

“masih banyak peningkatan sejarah di Kabupaten Lingga ini, maka dalam kesempatan ini. Kita berharap kedepan, barang-barang tersebut kita lestarikan”.

Dari 116 Cagar budaya yang tersebar di Kabupaten Lingga, beberapa diantaranya. Yaitu, Mesjid Jami Sultan Lingga, Gedung Nasional serta sejumlah benteng pertahanan peninggalan Sultan Lingga.
Peninggalan lainnya, yang kalah dan perlu di lestarikan. Seperti, tari Inai bangsawan, tari Zapin serta tari lainnya. Ini semua merupakan khazanah, yang perlu dan wajib dilestarikan.

Jadi dalam kesempatan ini, dengan hadirnya BPCB wilayah Sumbar. Dapat membuka peluang, untuk memperoleh dana dari pemerintah pusat. Melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), tahun 2019 nanti. Sementara itu, perwakilan BPCB Batu Sangkar. Agus Trimulyono. Mengatakan, Pemkab. Lingga perlu menetapkan Cagar budaya, karena. Hal ini adalah kunci untuk mendapatkan DAK.

akhir acara sosialisasi tersebut, Sekda Kab. Lingga. H. Juramadi Esram, memberikan cenderamata kepada perwakilan BPCB Batu Sangkar. serta mengharapkan, agar kerjasama ini bisa terus berlangsung seperti yang diharapkan.

Hadir pada acara tersebut, para asisten, kepala OPD, masyarakat serta tamu undangan lainnya. (sis)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed