oleh

Satpol PP Kota Tanjungpinang Melakukan Pendataan Fasum Kecamatan Tpi Kota dan Barat- Melalui Penyuluhan Perda Terhadap Pelaku Usaha

TANJUNGPINANG,MEDIALINTASNUSA.COM – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Penanggulangan Kebakaran (Gulkar) Kota Tanjungpinang melakukan pendataan fasilitas umum (fasum) di empat Kecamatan se-Kota Tanjungpinang yang dimulai sejak akhir bulan Oktober hingga Desember.

Pendataan yang dilakukan di Kecamatan Tanjungpinang Kota dan Kecamatan Tanjungpinang Barat ini merupakan kegiatan penyuluhan peraturan daerah (perda) terhadap pelaku usaha dan masyarakat dengan bertitik pada pendataan penggunaan fasum di wilayah Kota Tanjungpinang.

Kepala Satpol PP dan Gulkar Kota Tanjungpinang Hantoni mengatakan, selama ini pemmanfaatan fasum yang digunakan untuk kepentingan pribadi dalam rangka mendapatkan nilai ekonomi merupakan salah satu masalah yang terjadi di Kota Tanjungpinang.

Banyak pemilik ruko yang menjual barang dagangannya ataupun menyewakan lahan parkir di depan ruko miliknya untuk dijadikan tempat berjualan.

“Dalam hal ini, Satpol PP sebagai penegak perda dituntut untuk mengoptimalkan kinerja tersebut, sehingga terwujudnya kondisi Kota Tanjungpinang yang tenteram, tertib dan terarur,” imbuhnya.

Namun, lanjut Hantoni, dalam pelaksanaan penegakan ini tetap perlu mengedepankan tindakan persuasif. Seperti di Kecamatan Tanjungpinang Kota maupun Kecamatan Tanjungpinang Barat ini, pihak Satpol telah melakukan pendataan terhadap sejumlah ruko dan tempat lainnya yang selama ini digunakan sebagai kepentingan pribadi.

Kegiatan ini kata Hantoni, dalam rangka mendata seberapa banyak masyarakat yang menggunakan fasum diluar dari ketentuan, yang kemudian dijadikan peta penggunaan fasum di wilayah Kota Tanjungpinang.

“Setelah terlihat titik-titik wilayah penggunaan fasum, diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengambil kebijakan dalam hal ini Walikota Tanjungpinang untuk menyikapi penggunaan fasum yang tidak sesuai dengan peruntukannya tersebut,” imbuhnya.**

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed