oleh

Wisuda Santri TPQ, Rudi Ingatkan Jangan Pernah Berhenti Belajar

Batam,Medialintasnusa.com : Badan Musyawarah Guru Al-Qur’an (BMGQ) Kecamatan Sei Beduk menggelar Wisuda Akbar Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) 2020. Wisuda akbar santri TPQ se-Kecamatan Sei Beduk ini dilaksanakan di Halaman Masjid Nurul Islam Muka Kuning, Minggu (1/3).

“Jumlah santri wisudawan dan wisudawati hari ini 1.050 santri. Alhamdulillah telah dinyatakan lulus. Dan yang sudah mengikuti munaqosah sebanyak 450 orang, serentak se-Kota Batam pada 16 Februari,” papar Ketua Panitia Wisuda Akbar Santri TPQ se-Kecamatan Sei Beduk, Yuni.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan subsidi pembebasan SPP bagi sekitar 400 santri yatim piatu dan duafa. Setiap santri menerima bantuan sebesar Rp20 ribu per bulan selama satu tahun.

Menurut Yuni, sumber dana ini beradal dari infak para santri lainnya. Setiap santri menyumbangkan infak Rp2.000 per bulan.

“Ini bentuk pengenalan dan pembelajaran bagi santri kita mengenai infak dan sedekah. Diharapkan dengan subsidi silang ini dapat membantu anak-anak kita,” tuturnya.

Rangkaian kegiatan lainnya adalah pemberian penghargaan kepada TPQ terbaik tingkat kelurahan se-Kecamatan Sei Beduk. Pemberian penghargaan ini sudah berjalan selama tiga tahun berturut-turut sebagai bentuk perhatian BMGQ terhadap TPQ.

Kategori penilaiannya antara lain jumlah santri dan guru; sarana dan prasarana; aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan TPQ baik santri maupun guru; serta tertib administrasi dan pemberkasan TPQ.

Adapun penerima penghargaan yaitu TPQ Nurul Islam di Kelurahan Mukakuning, TPQ Nurul Huda Kelurahan Mangsang, TPQ Babul Salam Kelurahan Duriangkang, dan TPQ Baitul Mutaqin di Kelurahan Tanjungpiayu. Piagam penghargaan TPQ Terbaik Tahun 2020 se-Kecamatan Sei Beduk diserahkan langsung oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Dalam Sambutannya, Rudi mengatakan kita harus berterima kasih kepada guru-guru TPQ. Karena anak-anak bisa pandai membaca Al-Qur’an berkat peran para guru.

“Tak hanya mengajarkan baca Al-Qur’an tapi guru-guru juga pasti akan menyampaikan apa yang diajarkan oleh agama Islam. Maka kalian (santri) berterima kasih betul dan jaga guru-guru kalian karena ilmu yang diturunkan oleh guru-guru TPQ ini tidak akan terbayar sampai kapanpun,” ujarnya.

Kepada para santri, Rudi berpesan agar jangan pernah berhenti untuk belajar. Karena ilmu pengetahuan tidak alan pernah berhenti atau selesai. Namun akan terus mengalami perkembangan.

Momen tersebut juga dimanfaatkan Rudi untuk mengingatkan para guru, orang tua, dan anak-anak agar tetap menjaga kesehatan. Di antaranya dengan memelihara kebersihan tempat tinggal.

“Hindari kegiatan yang dihadiri peserta dengan jumlah besar, di dalam ruangan tertutup ber-AC. Khususnya sekarang di masa sedang merebaknya virus corona ini. Mari kita berdoa, memohon kepada Allah SWT semoga warga Kota Batam diberikan kesehatan, tidak diserang virus corona,” kata Rudi.

Sementara itu, Ketua BMGQ Kota Batam Deden Sirajudin mengucapkan selamat dan sukses untuk wisudawan santri TPQ se-Kecamatan Sei Beduk. Ia menjelaskan, santri yang diwisuda ini telah melalui tahap pembelajaran di TPQ masing-masing. Kemudian mereka juga sudah melewati proses munaqosah atau ujian sehingga tidak asal-asalan saja wisuda.

“Semua yang ikut munaqosah merupakan santri yang akan melanjutkan ke tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP),” terang Deden.

Selain itu ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Batam karena tahun ini ada kenaikan insentif bagi kepada guru TPQ.

Sumber Berita : https://mediacenter.batam.go.id/2020/03/02/wisuda-santri-tpq-rudi-ingatkan-jangan-pernah-berhenti-belajar/

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed