oleh

45 Anggota DPRD Kepri Resmi Dilantik

ADVETORIAL. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Riau (Kepri) peridoe 2019-2024 hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 resmi dilantik, Senin (9/9) kemarin. Pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD Kepri, Dompak.

Pelantikan anggota dewan dilaksanakan dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kepri periode lalu Jumaga Nadeak.

Usai pengucapan sumpah dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan penyematan pin emas dewan.

Pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD Kepri yang dipandu Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru Eka Kartika

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Lis Darmansyah dan politisi Partai Golongan Karya (Golkar) Asmin Patros ditunjuk sebagai pimpinan sementara DPRD Kepri. Surat penujukan tersebut dibacakan oleh Sekretaris DPRD Kepri Hamidi.

“Sesuai ketentuan, posisi Ketua dan Wakil Ketua sementara DPRD Kepri diserahkan kepada dua partai yang memperoleh kursi terbanyak,” ujar Hamidi.

Diketahui dalam Pemilu 2019 lalu, PDIP dan Golkar masing-masing mendapatkan delapan kursi. Namun, PDIP berhak menempati posisi ketua karena memperoleh suara lebih banyak.

Mantan Gubernur Kepri Ismeth Abdullah, Mantan Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo dan Waka Polda Kepri Brigjen Pol. Yan Fitri Halimansyah turut hadir dalam rapat paripurna istimewa pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD Kepri

Usai sidang paripurna istimewa pengucapan sumpah janji dilanjutkan dengan rapat paripurna yang dipimpinan oleh Ketua DPRD Kepri sementara Lis Darmansyah didampingi Asmin Patros.

Pada kesempatan tersebut, mantan Wali Kota Tanuungpinang itu secara seremoni membuka paripura juga berkesempatan menyanyikan sebuah lagu yang berjudul “Wakil Rakyat” yang dipopulerkan oleh musisi Iwan Fals.

Pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 161.21-3976 Tahun 2019 tentang Peresmian penggangkatan anggota DPRD Kepri masa jabatan 2019-2024, yang dibacakan oleh Sekretaris DPRD Kepri Hamidi.

Selanjutnya, pengucapan sumpah dan janji yang dipandu oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Riau Eka Kartika. “Apakah saudara bersedia diambil sumpah atau janji,” tanya Eka Kartika dan dijawab bersedia oleh anggota dewan.

Penggalan lirik yang dinyanyikan Lis tersebut “Wakil rakyat seharusnya merakyat, jangan tidur saat sidang soal rakyat”.

“Kita saat ini telah mengucap sumpah janji, tentunya memiliki makna dan tanggungjawab kepada masyarakat yang telah mimilih kita. Kita harus bersuara dan berjuang untuk masyarakat secara utuh,” kata Lis yang disambut tepuk tangan riuh dari undangan dan anggota dewan.

Sementara itu, Plt Gubernur Kepri Isdianto mengucapkan selamat dan mengajak semua anggota dewan yang baru dilantik, agar dapat bersinergi dalam membangun Kepri.

“Saya ucapkan selamat, kepada DPRD Kepri yang baru saja dilantik. Mari kita satukan tekat dan semangat mengabdi, mari bekerjasama untuk mengawal proyek strategis di Kepri,” ujar Isdianto di Gedung Rapat Paripurna DPRD Kepri.

Selain itu, adik almarhum Muhammad Sani juga mengucapkan terimakasih kepada TNI-Polri dan juga semua pihak yang sudah bekerjasama, untuk menyukseskan pemilu hingga pelantikan hari ini.

“Ini semua berkat kerjasama yang baik, sehingga suasana di Kepri masih tetap kondusif,” ucap Isdianto.

Hadir dalam pelantikan tersebut Plt Gubernur Kepri Isdianto, mantan Gubernur Kepri Ismeth Abdullah, mantan Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo, Waka Polda Kepri Brigjen Pol. Yan Fitri Halimansyah, Ketua LAM Kepri Mansur Razak, kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kepri dan undangan lainnya.

Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed