oleh

Mencari tahu, “Prahara Berita Warga Sei Timun yang mencuat”

-Tanjungpinang-1.500 views

=Tanjungpinang-Medialintasnusa.com : Di Buku Saku Wartawan oleh Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) Sejak 1988, pada kata pengantar halaman iii, yaitu “Kebebasan Pers akan lebih besar manfaatnya jika disertai peningkatan Professional Competence, termasuk didalamnya Professional Ethic,” catatan Tokoh Pers Nasional Jakob Oetama dalam bukunya yang berjudul “Pers Indonesia, Berkomunikasi dalam Masyarakat Tidak Tulus” (cetakan ketiga, September 2004, halaman 459; Penerbit Buku Kompas, Jakarta). Salah seorang Penggagas LPDS, dan kini menjadi Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Multimedia Adinegoro yang menaungi LPDS, itu secara jelas menekankan pentingnya kompetensi profesional bagi Wartawan. Bahkan, Wartawan Profesional dituntut harus memaknai Etika Jurnalistik.

Kegerahaan sebagian masyarakat Tanjungpinang terhadap suatu pemberitaan beberapa hari ini terlihat di beberapa komentar Medsos, salah satunya di Face Book. Begitu juga terjadi Pembicaraan Hangat antar sesama Penggiat Jurnalistik di Whatsapp Group Jurnalistik.

Salah satu “penyebab Kegaduhan” tersebut adalah “Pemberitaan yang sama, tapi makna isi berita antar media tersebut Bertolak belakang. Jadi, “MEDIA manakah yang MENYUGUHKAN BERITA ke Masyarakat yang HOAX ?!.

Berita di Media wartarakyat.co.id mengatakan; “Warga Sei Timun Sebut Janji Politik Rahma Saat Pilwako Hanya Janji Doang,” Penulis wartarakyat.co.id, Berita tertanggal 14 Maret 2019.

Berita di Media Tuahkepri.com, mengatakan; Warga Sei Timun Tidak Pernah Sebut Janji Politik, Malahan Warganya di Bantu Pemko,” Penulis ZAL tertanggal 16 Maret 2019, pukul 1:20 pm.

Terhadap adanya Dua pemberitaan yang membuat saya bertanya-tanya; “yang manakah isi Media yang BERITANYA TIDAK HOAX atau Media yang MEMBERITAKAN HOAX ?!.”

Dengan dasar itu, saya pun menghubungi (konfirmasi) langsung ke nomor WA Ibu Wakil Walikota Tanjungpinang.

Ibu Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma mengatakan, bahwa “Siapapun Orang yang memiliki Jabatan atau Pangkat dilarang menyalahgunakan Kekuasaan dengan melanggar Undang-Undang dan Peraturan yang berlaku di Negara Republik Indonesia. Apapun yang sudah di perbuat oleh Pejabat atau Orang Berpangkat adalah suatu Pengabdian yang tulus kepada Bangsa, Daerah dan Negara tercinta Republik Indonesia. Dalam membangun jaringan listrik Ibu Wakil Walikota Tanjungpinang sangat konsisten, tetapi sebagai bagian dari Pimpinan Daerah Ibu Rahma berkewajiban mematuhi segala sesuatu yang ada di Perundang-undangan dan Peraturan yang berlaku di Negara Republik Indonesia. Dan sejak menjadi anggota Dewan Ibu Hj. Rahma sudah selalu ikut andil ketika adanya persoalan listrik di Kota Tanjungpinang, sebagai bentuk sudah membuktikan komitmennya membantu Masyarakat di Kota Tanjungpinang, sehingga masyarakat secara menyeluruh diberikan, untuk mendapatkan penerangan listrik, baik itu dari seperti beberapa tempat di Pulau Dompak, Kampung Haji Sei jang, dan juga sampai di wilayah TPA ganet Pinang Kencana.”

Redaksi

Permintaan menggantikan judul pada berita. Judul telah diganti berdasarkan komplain/keluhan dari Pemimpin Redaksi wartarakyat.co.id untuk tidak menyebutkan website nya pada judul berita. Atas ketidaknyamanan, Redaksi mengucapkan terima kasih. (Ogi “Jnggot”).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed