oleh

Pemerintahan Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang “CUEK” Hari Peduli Sampah Nasional

Tanjungpinang-Medialintasnusa.com : Sampah, barang-barang atau benda-benda yang dibuang, kotoran dan pembusukan sehingga menyebabkan terganggunya hidup sehat karena bakteri penyakit berserakan dimana-mana. Sepertinya masih kurang menyadari bahwa bakteri dan penyakit tersebut mungkin ada sampah-sampah yang berasal dari rumah mereka sendiri yang dibuang tidak pada tempatnya, atau membuang kotoran, binatang yang mati seenaknya saja di jalanan.

Tepat hari ini Kamis, 21 Februari 2019, di Negara ini memperingati hari yang resmi, yaitu “Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)”. Tapi sungguh miris, di HPSN ini kesadaran akan berupaya mewujudkan aksi-aksi kepedulian akan sampah tidak terlihat bersemarak, Pelaksanaan berbagai kegiatan seperti; Kepala Pemerintahan Provinsi Kepri atau Kota Tanjungpinang menurunkan para Pejabat dan ASN atau bersama mengajak Ormas, LSM, Para Penggiat Peduli Kebersihan, Para RT/RW dan masyarakat untuk turun beberapa jam melakukan aksi bersih-bersih di sekitaran lingkungan yang terlihat kotor atau jalan-jalan yang terlihat ada sampah berserakan. Mengadakan acara edukasi atau perlombaan peduli kebersihan untuk anak-anak sekolah, dan bentuk-bentuk lainnya. Kenapa?.. Entah ini disebabkan karena Pimpinan Pemerintahan beserta Para Pejabatnya tersebut tidak mengerti HPSN ini atau apakah mereka tidak respek atas perbuatan untuk menjaga kebersihan?.

Tahu kah kenapa Negara kita membuat setiap tanggal 21 Februari ini selalu diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) ?. Tragedi longsornya sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah Leuwigajah (Kelurahan Leuwigajah) pada tanggal 21 Februari 2005 yang membuat banyak korban jiwa karena yang menjadi salah satu penyebabnya adalah pengelolaan sampah yang buruk.

Memulai dengan aksi kecil yang bisa dilakukan dari diri sendiri seperti kurangi penggunaan plastik, memisahkan sampah dari rumah lalu membungkus sampah tersebut, tidak membakar sampah sembarangan, jangan membuang binatang mati di jalanan, dan lain-lain itu adalah aksi kecil dan nyata yang bisa kita lakukan dari diri sendiri mulai saat ini untuk bumi yang bersih.

Di HPSN ini, Redaksi medialintasnusa.com “Ayo Bersihkan Bumi Kepri dari Sampah yang berserakan !”. (Ogi “Jnggot”)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed