Home / Kepri / PEMKO TANJUNGPINANG TAJA SOSIALISASI PEMAHAMAN KESETARAAN GENDER DAN PPRG

PEMKO TANJUNGPINANG TAJA SOSIALISASI PEMAHAMAN KESETARAAN GENDER DAN PPRG

Tanjungpinang, MediaLintasNusa.com : Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M.Si secara resmi membuka kegiatan Pemahaman Kesetaraan Gender dan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) untuk organisasi Perempuan dan perencana program dari masing-masing OPD dalam lingkup Pemerintah Tanjungpinang, Rabu (11/4/2018) yang diselenggarakan oleh Departemen Perempuan, Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) ) Kota Tanjungpinang.

Riono dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi rakyat. “Dengan kesetaraan gender ini, saya berharap untuk membawa kebaikan bagi masyarakat,” katanya.

Lebih jauh Riono menjelaskan peran perempuan dalam pembangunan, khususnya di bidang prekonomian yang tidak diragukan lagi.

“Di pemerintahan sendiri, pada level eselon III dan IV dalam penguasaan bidang perempuan, peran mereka adalah untuk melaksanakan tugas yang sangat besar. Begitu juga di institusi politik, representasi perempuan paling sedikit 30 persen. Di sini kita bisa melihat bahwa perempuan memiliki hak yang sama di berbagai bidang.” jelasnya.

Karena itu, Riono mengharapkan agar perempuan di Tanjungpinang bisa menangkap peluang yang ada saat ini secara maksimal baik dalam perdaganagan, bisnis maupun politik.
Kepala Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan dan Pemberdayaan Anak (DP3APM) Kota Tanjungpinang, Dr. H. Ahmad Yani, MM, Kes menjelaskan, judul kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara Hari Kartini hingga puncak ke-139 yang akan diselenggarakan pada 24 April mendatang.

“Setelah ini, kami juga akan mengadakan pelatihan pemahaman tentang kekerasan terhadap anak-anak dan perempuan untuk staf pusat kesehatan dan pendidik,” katanya.

Pemahaman tentang kesetaraan gender ini dihadiri oleh 60 orang dari organisasi wanita Kota Tanjungpinang. Adapun bidang perencanaan dan penganggaran yang responsif gender dihadiri 37 peserta masing-masing Kepala Pengembangan Program OPD.

Yani berharap, para pejabat merencanakan di setiap unit kerja untuk memahami konsep dasar atau pemahaman gender, pengaruhutamaan gender, bahkan pada isu prioritas regional, terutama dalam mempersiapkan Gender Analyst Pathway (GAP), Gender budget statement (GBS), juga sebagai instrumen monitoring evaluazin dan pelaporan perencanaan penganggaran yang responsif gender.

“Tentunya penguatan kapasitas perencana anggaran responsif gender (PPRG) ini sesuai dengan harapan pemerintah daerah, guna mencapai kesejahteraan masyarakat di Tanjungpinang,” pungkasnya.

**red/er/humas

About admin

Check Also

Dinas Perkim Kota Tanjungpinang Bagikan THR dan Sembako untuk THL

Tanjungpinang-MediaLintasNusa.com: Jelang lebaran Idul Fitri 1439 H tahun ini, Dinas Perkim Kota Tanjungpinang menyerahkan THR …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *