oleh

34 Paskibraka Kepri Mulai Latihan

Kepri-Medialintasnusa.com : 34 pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Provinsi Kepri disiapkan untuk mengibarkan bendera pada HUT ke-72 Kemerdekaan RI, Kamis 17 Agustus nanti. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemprov Kepri, Maifrizon mengatakan, Rabu (2/8) hari ini, merupakan latihan perdana mereka di Tanjungpinang. ”Untuk tingkat pusat dan provinsi, formatnya diawali dengan kegiatan Tantingan sebelum masuk dalam pembinaan desa bahagia pelatihan calon Paskibraka 2017,” ujarnya, kemarin.

Kabid Pemuda Dispora Kepri, Muhamad Iksan menambahkan, sebelumnya ada 70 orang nama yang dikirimkan 7 kabupaten/kota ke provinsi untuk diseleksi menjadi Paskibraka tingkat provinsi. Masing-masing kabupaten/kota mengirimkan 10 orang, lima putra dan lima putri. Totalnya ada 70 orang dari 7 kabupaten/kota se-Kepri. Setelah seleksi dilakukan, 8-12 Mei lalu, akhirnya dipilih 36 orang terdiri dari 2 orang untuk Paskibraka Nasional dan 34 orang untuk Paskibraka tingkat provinsi. Sisanya 34 orang lagi dikirimkan kembali ke daerah masing-masing. ”Jadi, untuk Paskibra Nasional yang akan mengibarkan bendera di Istana Negara saat HUT RI nanti, ada 2 siswa dari Kepri,” jelas M Iksan.

Adapun dua utusan Kepri ke Paskibraka Nasional yakni Gian Ramadhan Manggala P, siswa SMAN 20 Batam (putra) dengan tinggi 173 Cm dan Maudyna Khoirani Harahap asal SMAN 2 Tanjungpinang (putri) dengan tinggi 170 Cm.
Mereka berdua sudah diantar ke Jakarta karena pelatihannya di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga. ”Kita sudah antar mereka. Masa diklat untuk Paskibraka Nasional, tanggal 25 Juli sampai 25 Agustus nanti,” jelasnya lagi.

Menjadi anggota Paskibraka tidaklah mudah. Selain tingginya sudah ditentukan, harus sehat, disiplin tinggi, mendapat persetujuan dari orangtua dan bersedia tinggal di mess. Adapun tinggi minimal Paskibra putri adalah 165 Cm dan maksimal 175 Cm. Tinggi minimal Paskibraka putra 170 Cm dan maksimal 180 Cm.

M Iksan, mantan anggota Pasbiraka Provinsi Riau asal Kabupaten Kepri (kini jadi Provinsi Kepri, red) tahun 1984 tersebut menambahkan, selama tiga hari mulai 2-4 Agustus, anggota Paskibraka Kepri akan latihan di Kodim 0315 Bintan. ”Tanggal 5-15, mereka fokus latihan di Gedung Daerah tempat pelaksanaan upacara kenaikan bendera saat HUT RI nanti. Tanggal 16 Agustus istirahat dan 17 Agustus hari puncak,” jelasnya.

Hari ini, anggota Paskibra akan lari-lari dari mes mereka di Hotel Halim ke Mako Kodim 0135 Bintan. Selama tiga hari, mereka akan dilatih di sana baris berbaris dan merapikan barisan. Untuk melatih anggota Paskibra ini, Dispora Kepri menggandeng TNI/Polri. Koordinator pelatih pun bergilir. Tahun 2016 lalu, koordinator pelatih dari TNI AL. Tahun ini koordinator pelatih dari TNI AU.

Sedangkan pelatihnya ada 6 orang terdiri dari Lantamal IV satu orang, dari TNI AU satu orang dari kepolisian dua orang putra-putri dan dari Korem 033 WP Kepri dua orang putra putri. Kemudian, ada juga tim kesehatan yang selalu mendampingi mereka terdiri dari dua orang dokter dan dua orang perawat. Tim medis ini akan memeriksa kesehatan mereka setiap saat.**

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed