Selasa , Desember 12 2017
Home / Lintas Bintan / Blusukan Ketua PKK Kabupaten Bintan Temui Petani Madu

Blusukan Ketua PKK Kabupaten Bintan Temui Petani Madu

Media Centre Bintan – Mungkin hanya sedikit orang yang bisa memanfaatkan potensi yang ada di Desa , dan pria berperawakan sederhana ini patut diacungi jempol atas dedikasi , semangat , ketekunan serta kegigihannya yang mampu melirik potensi yang ada di Desa Lancang Kuning , Kabupaten Bintan menjadi sumber ekonomi yang cukup menjanjikan . Tidak banyak yang tahu, bahwa binatang kalulut yang bentuknya lebih kecil dibandingkan lebah namun memiliki keahlian mampu mengekstrak saripati bunga untuk dijadikan madu . Setelah lelah berpetualang di negara tetangga Malaysia , Thalib ( 40 th ) dan istrinya beralih profesi menjadi petani madu dengan mencoba memanfaatkan perkarangan rumah dengan luas 20 x 10 meter persegi guna membuat dan menghasilkan sarang Kalulut dengan ukuran 30 x 30 cm sehingga menghasilkan sekitar 25 – 30 buah kotak , dan kegigihan pria gempal yang hidup bersama istrinya ini mampu menyulap halamannya menjadi sebuah ladang bisnis yang menjanjikan .

Hal tersebut , diceritakannya saat agenda kunjungan Ketua PKK Kabupaten Bintan Hj. Deby Apri Sujadi, A.Md ke desa – desa yang ada di Kabupaten Bintan , Rabu sore ( 22/2 ) . Saat bertemu dengan Thalib dan istrinya , Ketua PKK Kabupaten Bintan Hj. Deby Apri Sujadi, A.Md mengatakan bahwa hal ini selayaknyalah dapat dijadikan contoh bagi warga desa lainnya tentang bagaimana pemanfaatan sumber daya alami yang dimiliki oleh Kabupaten Bintan . Dalam kesempatan tersebut , dirinya juga berkesempatan merasakan langsung madu yang masih berada di sarangnya .

” rasanya enak , sedikit asam namun manis ” ujarnya sembari mengatakan bahwa akan menceritakan pengalamannya ini kepada Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos .

Untuk diketahui bahwa , Madu Kalulut sangat Cocok bagi penderita diabetes melitus, sebagai pengganti insulin dalam tubuh, mengatasi lemah syahwat, menormalkan kadar gula dalam tubuh , menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh, mengandung enzim-enzim penting yang diperlukan bagi tubuh seperti diastase, peroksidase, dan oksidase yang memecah karbohidrat dan glukosa guna menghasilkan energi instan.

Madu Kalulut juga mengandung Vitamin : Thiamin (B1), Riboflavin (B2), (B3), Asam Askorbat (C), (B5), Piridoksin (B6), Niasin, Asam Pantotenat, Biotin, Asamfolat dan vitamin K , Mineral : Natirum (Na), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Alumunium (A1), Besi (Fe), Fosfor dan Kalium (K), Pottassium, Sodium Klorin, Sulfur serta Enzim-enzim Utama : Diatase, invertasem glukosa oksidase, fruktosa, peroksidase, lipase juga mengandung sejumlah kecil hormon, tembaga, iodium dan zinc .

” sekali panen satu kotak penuh dapat menghasilkan 1 kg lebih atau berkisar 8 hingga 10 botol berukuran 120 ml , masa panen akan bergantung pada sumber makanannya ” ujarnya .

Menurutnya , Kalulut juga berbeda dengan Lebah , bila Lebah saat kekurangan pangan maka petani madu bisa mengekstraknya dengan memberikan makanan tambahan seperti gula air tebu , namun hal itu tidak berlaku bagi hewan Kalulut , karena ia hanya mau memakan sari bunga saja .

Tidak hanya madu , menurut Thalib sarang Kalulut juga bermanfaat dimana berbentuk seperti balon kecil menggelembung,sarang Kalulut terbuat dari bahan yang diproduksi menyerupai lilin hitam namun sesungguhnya hal itu merupakan getah pohon terpilih . Dan bila gelembung itu pecah sedikit saja maka madu akan keluar , menurutnya manfaat sarang Kalulut mampu menyembuhkan penyakit semput , asma dan cepat lelah .

” sarangnya dibina dari getah terpilih , ini juga bermanfaat untuk mengatasi semput , asma dan juga penyakit kelelahan dan secara tradisional sarang tersebut direndam dengan air panas lalu di makan ” tutupnya .

About admin

Check Also

Apri : Persiapan Tour de Bintan , Sudah 90 %

medialintasnusa-Bintan. Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos mengatakan bahwa persiapan event Tour de Bintan sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *