Selasa , Desember 12 2017
Home / Lintas Tanjungpinang / Penyerahan DPA 2017 Awali Pembangunan Kota Tanjungpinang

Penyerahan DPA 2017 Awali Pembangunan Kota Tanjungpinang

medialintasnusa-Tanjungpinang. Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Pemerintah Kota Tanjungpinang Tahun Anggaran 2017 kepada masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dijajaran Pemko Tanjungpinang dilakukan oleh Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, di Aula Lantai III, Kantor Walikota Tanjungpinang, Senggarang, Senin (20/2) malam.

Penyerahan DPA SKPD  telah mengikuti aturan penyusunan APBD sesuai dengan Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 dan Permendagri Nomor 31 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2017.

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, menjelaskan pada tahun ini penyerahan DPA 2017, kita lakukan pada pertengahan Februari dan sedikit mengalami keterlambatan, karena ada beberapa kendala yang harus diselesaika. Namun proses pelaksanaan pembangunan dan pencairan diharapkan dapat lebih dipercepat guna memberikan dampak yang lebih besar kepada kegiatan pembangunan dan perekonomian kita.

Dikatakan Lis, Ada beberapa prioritas program kegiatan kerja pemerintah kota Tanjungpinang yang tertuang dalam DPA SKPD dalam rangka pencapaian visi dan misi Kota Tanjungpinang 2013-2018, antara lain, optimalisasi sector pendidikan dan kesehatan sebagai modal dasar pembangunan SDM yang berdaya saing. Pemantapan pembangunan infrastruktur wilayah melalui pembangunan berkeadilan. Pertumbuhan ekonomi regional yang kuat berbasis komoditi local dan pengembangan sector ekonomi andalan sebagai Kota perdagangan dan pariwisata. Penanganan persampahan secara terpadu serta pengurangan potensi ancaman bencana. Optimalisasi tata kelola pemerintahan yang good governance dan peningkatan pelayanan public, serta pemberdayaan budaya local dan pengembangan sector wisata.

Melalui prioritas program kegiatan tersebut, Lis berharap tetap konsisten dalam mewujudkan peningkatan kualitas daerah dari sisi pendapatan sebagai pemerintah daerah yang dapat berperan dalam mengembangkan dan memberikan solusi dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat yang berdampak pada peningkatan pajak dan retribusi daerah.

Untuk anggaran yang telah diberikan pada masing-masing organisasi perangkat daerah melalui DPA SKPD, lanjut Lis, dengan total belanja sebesar RP. 921,5 milyar, untuk belanja tidak langsung sebesar Rp. 372,01 milyar, dan belanja langsung Rp. 549,48 milyar pada 33 organisasi perangkat daerah .

“ Mudah-mudahan pelaksanaan kegiatan tahun ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan kita semua, kekurangan dan kelemahan pada tahun lalu harus dievaluasi agar pada tahun 2017 ini lebih baik, kreatif dan inovatif serta terhindar dari permasalahan hukum. Mari kita bekerja, kerja cerdas, kerja ikhlas diiringi dengan kerja keras “.Tegas Lis

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Tanjungpinang, Darmanto, Ak, mengatakan penyerahan DPA merupakan suatu rangkaian dari proses pengelolaan keuangan daerah yang telah dimulai dari perencanaan penyelenggaraan sebagaimana yang diamanatkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 dan Permendagri Nomor 13 Tahun 2006.

Ia menerangkan, tugas penyerahan DPA ini adalah sebagai pedoman dalam pelaksanaan APBD tahun 2017 dalam rangka mewujudkan kesatuan langkah melaksanakan system keuangan yang dapat dipertanggunjawabkan dengan baik, tertib administrasi, tepat sasaran dan percepatan kegiatan tahun 2017, sehingga kegiatan dapat berjalan lancer dan tidak menumpuk pada akhir tahun anggaran.

“ DPA SKPD yg diserahkan terdiri dari 244 program dan 646 kegiatan pada masing-masing SKPD di pemerintah Kota Tanjungpinang “.

Lebih lanjut Darmanto mengatakan, subtansi penyerahan DPA adalah peralihan tanggungjawab dari pengelola keuangan daerah kepada kepala SKPD selaku pengguna anggaran yaitu tanggungjawab atas isi pelaksanaan DPA, baik formil maupun material, guna membawa dampak positif pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat “. Tutupnya

Penyerahan DPA SKPD itu, dihadiri Sekteratis Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M. Si, Asisten, Staf Ahli, serta jajaran Kepala SKPD di lingkup Pemerintah Kota Tanjungpinang.***

About admin

Check Also

Harus Ada Kontribusi untuk Kepri

medialintasnusa. Segala kegiatan ekonomi di ruang laut sampai 12 mil, harus ada kontribusinya untuk Kepri. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *