Selasa , Desember 12 2017
Home / Lintas Natuna / Natuna Harus Segera Mengajukan Proposal Provinsi Khusus Kepada Presiden RI

Natuna Harus Segera Mengajukan Proposal Provinsi Khusus Kepada Presiden RI

Natuna-medialintasnusa. Rencana pembentukan Provinsi Pulau Tujuh yang telah lama di idam-idamkan oleh pemerintah dan masyarakat dikedua Kabupaten kakak adik tersebut akan segera terwujud. Pasalnya Presiden RI Joko Widodo telah memberikan lampu hijau terkait dengan akan terbentuknya Provinsi baru itu. Hal ini terungkap oleh Bupati Natuna Drs. H. Abd. Hamid Rizal dalam forum pertemuan silaturahmi Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Natuna di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Senin (23/1). Maka dari itu Natuna harus segera mengajukan Proposal Provinsi Khusus.

Hamid Rizal mengatakan Presiden telah memberikan lampu hijau mengenai pembentukan Provinsi baru ini. Dengan terbentuknya Provinsi Pulau Tujuh ini nantinya diharapkan akan mempercepat gerak pembangunan. Ia juga menceritakan kemantapannya saat menandatangani rekomendasi untuk pemekaran Kabupaten Kepulauan Anambas tempo dulu.

Makanya saya tidak ragu-ragu saat menandatangani surat rekomendasi untuk pemekaran Kabupaten Kepulauan Anambas kemaren, bukan hanya satu Kabupaten empat lebih baik untuk menyerapaliran dana-dana dari pusat ”, ujar Hamid.

Hamid juga mengajak Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas untuk bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Natuna dalam pembentukan Provinsi baru ini. Ia meminta agar sama-sam meningkatkan status daerah dalam kerangka yang lebih besar yakni Provinsi.

“Kita sambut keinginan dari pusat, pikirkan apa yang harus dilakukan untuk Natuna dan Anambas kedepannya”, tambah Hamid.

Sedangkan Bupati KKA Abdul Haris menyatakan dukungannya terhadap rencana tersebut. Ia sepakat dengan apa yang dikatakan Hamid bahwa jika hanya dengan menggunakan dua mesin kita bisa laju kedepan apalagi dengan empat pastinya akan lebih laju. Apalagi ia melihat perhatian Pemerintah Pusat terhadap Natuna akhir-akhir ini cukup besar. Banyak dana-dana pusat yang mengalir untuk pembangunan di Natuna. maka dari itu ia juga merasa perlu adanya kerjasama ini untuk kepentingan masyarakat dan Daerah.

“Saya sangat setuju dengan Bupati Natuna jika hanya dengan dua mesin kita bisa laju apalagi dengan empat mesian pastinya akan lebih laju” pungkasnya.

Di lain waktu Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Natuna mengatakan bahwa wacana tersebut sudah didengar masyarakat dan mendapat dukungan penuh terutama oleh masyarakat wilayah pemekaran Natuna Barat dan Natuna Selatan. Menurut candra dukungan masyarakat untuk mewujudkan Provinsi khusus itu sudah harus menjadi priorite Presiden Joko Widodo. Di satu sisi Natuna akan dijadikan Provinsi khusus pertahanan dengan meningkatnya tongkat komando pangkalan militer. Sedangkan dilain sisi percepatan pembangunan dapat diwujudkan dengan pendapatan Daerah yang bertambah.

“Ingin mempercepat pembangunan, Natuna memang hrus jadi Provinsi. Ini akan jadi keputusan Presiden nantinya dan sifatnya insidentil dengan status Provinsi khusus pertahana.Harus secepatnya melakukan persiapan. Membentuk Panitia Pembentukan Provinsi. Bupati Natuna dapat ditunjuk sebagai Ketua Umum dan Bupati Anambas sebagai Ketua Harian sedengakan kepengurusannya lintas Pemerintahan dan DPRD” saran Candra.

About admin

Check Also

Tenaga Pengajar Harus Maksimal untuk Ciptakan SDM Berkualitas

Natuna-medialintasnusa. Bupati Natuna berkesempatan menemui Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *